Home » » Inilah 6 Tips dan Trik Liburan Hemat dan Murah

Inilah 6 Tips dan Trik Liburan Hemat dan Murah

Halo agan-agan, akhirnya kita tiba juga di penghujung tahun yang banyak liburnya 

Semua pasti dah gak sabar nih untuk berlibur dan berhenti dari rutinitas sehari-hari baik kerja, sekolah, kuliah atau apapun itu. Namun, terkadang rencana untuk berlibur bisa kepentok sama biaya atau budget yang harus disiapkan. Karena berlibur di musim liburan butuh biaya yang cukup mahal.

Jika agan mengalami masalah tersebut, kini ente gak perlu bingung lagi gan, karena ane mau ngebagiin beberapa tips liburan murah buat agan-agan


 Buat rencana berlibur di waktu yang tepat

Tips yang pertama ini termasuk penting gan. Biaya untuk berlibur pasti lebih murah jika bukan di musim liburan. Soalnya musim liburan udah identik deh dengan tiket perjalanan yang mahal, tiket yang diborong, penginapan mahal dan lainnya.

Salah satu cara agar agan bisa liburan hemat adalah mencari waktu di luar musim liburan. Kalau perlu agan ambil cuti atau izin untuk pergi berlibur. Setelah itu agan bisa mencari tiket perjalanan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Jangan lupa untuk pantau akun sosmed atau situs maskapai penerbangan untuk mendapatkan promo menarik 

 
 Pilih lokasi berlibur yang mudah dituju

Liburan yang menyenangkan gak harus ke tempat yang mewah dan mahal kan gan? Dengan lokasi yang lebih dekat dan mudah dituju, ada banyak kok tempat liburan dengan kualitas yang ngak jauh beda.

Contoh nih buat agan-agan yang tinggal di Jakarta, kalau pengen ngunjungi pantai selayaknya Mentawai atau Wakatobi, agan-agan bisa mengunjungi Ujung Genteng atau Cimaja, Sukabumi.

Meski keromantisan pantai di Mentawai tak bisa digantikan, tapi soal pemandangan Ujung Genteng atau Cimaja juga ngak kalah cantiknya gan. Tujuannya kan berlibur dengan cara lebih hemat, jadi agan gak perlu maksa untuk pergi berlibur ke tempat yang jauh karena cuma nambah-nambah biaya aja tuh.

  
Pikirkan transportasi di tempat tujuan

Sebelum agan berangkat liburan, sebaiknya mulai pikirin transportasi yang akan digunakan di destinasi agan. Biasanya angkutan umum tidak terlalu bisa diandalkan, karena tidak menjangkau semua rute dan waktunya yang tak menentu. Kalau pake taksi? Mahal atuh gan. Mau hemat malah boncos nanti 

Salah satu alternatif yang tepat adalah menyewa kendaraan baik itu mobil atau motor. Setelah itu agan juga mesti memikirkan kemacetan di destinasi wisata yang ingin agan kunjungin. Kalau model Bali atau Yogyakarta, akan lebih efektif kalau agan sewa motor saja, soalnya lebih macet gan lalu lintasnya. Kecuali kalau agan perginya rombongan ya mau ga mau harus sewa mobil, supaya ngak kepencar-pencar.

 
 Pilih penginapan yang tepat

Mencari tempat menginap atau hotel yang bersih, nyaman dan punya fasilitas bagus tapi murah? Sekarang sudah banyak lho hotel yang punya fasilitas bagus dengan harga sewa yang murah. Untuk mendapatkannya agan harus banyak-banyak mencari informasi dari teman atau internet.

Biasanya hotel yang murah adalah yang agak jauh dari pusat kota atau tempat wisata. Dengan memilih hotel yang lebih jauh sedikit agan bisa menghemat pengeluaran untuk penginapan. Selain itu agan juga bisa memanfaatkan kamar privat atau kost harian, biasanya disewakan dengan harga yang lebih murah 

  Catat pengeluaran dan awasi dengan ketat

Kunci liburan hemat adalah menekan pengeluaran. Sebelum dan selama liburan, catat semua pengeluaran yang telah ada. Selalu awasi dengan ketat biaya yang bakal agan keluarkan. Dengan mencatat dan mengawasi budget liburan agan, maka agan akan terhindar dari kekurangan uang atau sampai berhutang.

Agan juga bisa menghindari makan di lokasi sekitar tempat wisata yang biasanya lebih mahal. Cari tempat makan di luar lokasi wisata supaya agan bisa berhemat. Jangan lupa install aplikasi rekomendasi kuliner agar memudahkan agan mencari makanan yang enak dan murah.



Beli suvenir di sumbernya langsung

Sama seperti makanan. Membeli suvenir di lokasi wisata atau bandara pastinya akan jauh lebih mahal. Agan bisa mencoba mencari tahu lokasi pembuatan suvenir yang agan ingin beli.

Contohnya nih gan, kalau agan pengen beli cincin perak Yogyakarta, agan bisa langsung datang ke Kota Gede, bukan beli di Malioboro. Selain bisa mendapat harga lebih murah di banding di toko suvenir, agan bisa mendapat bonus untuk melihat langsung proses pembuatannya 


Sekian gan beberapa tips liburan murah dari ane. Intinya agan gak perlu maksain berlibur di musim liburan dan pergi ke tempat yang jauh. Agan bisa mencari alternatif yang lebih dekat dan murah

 Berlibur hemat jika bareng sama orang tersayang pastinya akan tetap berkesan kok gan
7 Tempat Wisata Terbaik di Sumatera Utara

via

0 comments:

Post a Comment